Powered by Blogger.

Flange Facing


Membedakan jenis flange yang paling mudah adalah dengan melihat kepalannya, atau mukannya yang di kenal dengan face. Ada Beberapa type flange namun kali ini kita akan membahas tiga tipe flange face yaitu :
  • Flat Face
  • Raised Face
  • Ring Type Joint
Yang membedakan adalah semakin tinggi ratingnya, maka ia menggunakan ring type joint. Untuk type yang rendah, biasanya pakai flat face saja sudah cukup. Mari kita bahas satu persatu.


Flange Type Flat Face 
Flat face adalah flange yang memili permukaan sentuh, ke flange lainnya, yang bentuknya datar alias flat. Flange jenis ini biasanya digunakan untuk jenis baja tuang (cast iron) dan juga galvanize. Sedangkan untuk type gasket yang diguanakan, biasanya berupa flat sheet atau full face.

Flange Type Raised Face 
Sesuai namanya, flange type ini memili permukaan sentuh yang lebih tinggi, atau istilahnya raised. Raised facenya ini biasanya di tengah, jadi kalau kita lihat dari samping persis seperti gambar di bawah.
Flange jenis ini biasanya digunakan untuk rating yang medium, ukuran untuk fluida biasanya C150 ~ CL900. Sedangkan untuk gasketnya, biasanya menggunakan spiral wood gasket.



Flange Jenis Ring Type Joint 
Type flange ini biasanya digunakan untuk rating yang tinggi, biasanya di rating 900# sampai denganke atas. Sesuai namanya, type flange ini nantinya akan menggunakan ring sebagai gasket atau penyekat. Gasket tersebut nantiya akan ditempatkan pada ruang yang tersedia pada flange, pada dasarnya memang seperti halnya raised flange, namun lebih besar raisednya karena yang di masukan adalah ring atau cincin.

Pada type ini biasanya digunakan untuk fluida yang memiliki nilai aliran CL900 up, atau kalau menurut projects pesification yang pernah saya baca, untuk RTJ (ring type joint) digunakan pada rating 900#. Kurang lebih, itu penjelasan sederhana mengenai type flange dari segi facenya.


Share This :

Related Templates

 
PT. KINETA INTI SEJATI : blogger | About | Facebook
Copyright © 2016. Jual Valve-Distributor Valve - All Rights Reserved
Blog/Website Modify by Radit Adityas
Proudly powered by Blogger